Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Belasan Grup Koplo dari 4 Benua Semarakkan KISS Koplo



DANGDUTINAJA.COM | Jakarta - Ajang musik bertajuk Koplo International Sound Sensation (KISS) siap digelar. Event yang diadakan Batavia Music Company dan Deteksi Production itu bertujuan untuk mendeklarasikan bahwa koplo merupakan musik Indonesia.

"Koplo International Sound Sensation hadir untuk mendeklarasikan musik koplo sebagai musik identitas rakyat Indonesia," jelas Harry 'Koko' Santoso dari Deteksi Production, Rabu pekan lalu.

Rangkaian KISS Koplo akan diawali dengan pre-event bertajuk Road To KISS Koplo. Acara pencarian bakat tersebut dilaksanakan di sekitar 100 kabupaten di seluruh Indonesia. Setelah acara pre-event, acara puncak alias big bang event bakal digelar pada 2023 di Jakarta.

Acara puncak KISS Koplo dihadiri oleh 11 grup Koplo dari Asean, 1 partisipan dari Eropa, 1 grup dari Amerika, 1 asal Australia, serta 1 perwakilan dari Timur Tengah. "Kehadiran dari para partisipan negara sahabat diharapkan dapat membawa musik koplo sebagai sebuah identitas musik yang dapat bersaing pada level nasional dan level internasional," jelasnya.

Genre dangdut Koplo terus membuktikan eksistensi, apalagi setelah tembang Ojo Dibandingke karya Abah Lala yang dibawakan secara ciamik oleh Farel Prayoga mampu menggoyang Istana Negara dan Para Menteri tanpa malu-malu berjoget.

Fenomena dangdut koplo rupanya secara cerdas ditangkap oleh Batavia Music Company untuk segera membuat event yang diharapkan bisa menaikkan citra musik dangdut Koplo yang selama ini dianggap musik kelas bawah.

"Diakui atau tidak musik dangdut Koplo sudah mulai merangsek ke industri musik kelas atas dan mendunia. Dengan alasan itu kami menggelar Koplo International Sound Sensation," ujar Lucky dari Batavia Music ketika Jumpa Pers di Jakarta (23/11/2022).

"YouTube wajib untuk mendukung kegiatan keren ini, banyak hal yang bisa dilakukan YouTube melalui Kiss," ungkap Muara Sipahutar dari YouTube Indonesia.

Koplo muncul di awal 2000-an sebagai tawaran baru atas musik Dangdut Klasik. Terlahir dari musik Dangdut Klasik, Koplo bergerilya dari pentas hajatan ke pentas hajatan yang lain, dari pinggiran kota hingga pedesaan. CD/VCD bajakan saat itu adalah sebuah media publikasi yang membuat Koplo dikenal di seluruh Indonesia.

Koplo berawal dari kota-kota kecil di provinsi Jawa Timur, seperti kawasan industri kota Sidoarjo. Ini mungkin adalah sikap pembangkangan atas pakem musik Dangdut Klasik atau sekedar menciptakan hiburan yang cocok bagi kelas buruh pabrik atau pekerja kasar.

Koplo adalah sebuah cara dalam membawakan sebuah lagu, lagu apa saja bisa “di-koplo”. Band dangdut koplo membawakan lagu- lagu dari berbagai genre dan fleksibilitas ini mencerminkan kreativitas seniman koplo.

Oleh karena musik koplo sejatinya telah bisa menembus berbagai macam lapisan masyarakat secara menyeluruh sampai menembus kalangan millennial urban, maka BATAVIA MUSIC COMPANY selaku perusahaan yang bergerak di industri musik dan hiburan tanah air bermaksud untuk memperkenalkan sebuah konsep acara ajang pencarian bakat solois dan group musik amatir yang eksis diranah koplo untuk dibawa memasuki industri musik Indonesia. (mancode)




info/undangan liputan seputar pentas musik dangdut hubungi via WA redaksi:
Untung Tadjudin

Mahar Pr







Posting Komentar

0 Komentar